Ketahui Adegan Masalah Bipolar dan Tanda-tandanya

Ketahui Adegan Masalah Bipolar dan Tanda-tandanya

Bostonsharepointug – Adegan Masalah Bipolar ialah masalah psikis akut atau episodik, yang memiliki arti terjadi kadang-kadang dan pada jeda yang tidak teratur. Ini bisa mengakibatkan peralihan situasi hati, energi, kegiatan, fokus, atau konsentrasi yang tidak biasa, bahkan juga sering berlebihan dan berfluktuasi. Masalah bipolar terkadang disebutkan dengan stres manik.

Tiap orang alami pasang kering yang normal tapi informasi masalah bipolar berlainan. Range peralihan situasi hati menjadi berlebihan. Dalam adegan manik, pasien kemungkinan berasa benar-benar berbahagia, gampang tersinggung, dan ada kenaikan yang riil dalam tingkat kegiatan.

Dalam adegan stres, pasien kemungkinan bersedih, acuh tidak acuh, atau patah semangat, digabungkan dengan tingkat kegiatan yang paling rendah. Sebagian orang alami adegan hipomanik yang serupa dengan adegan maslah bipolar manik tapi tidak begitu kronis dan menyusahkan.

Mayoritas waktu, masalah bipolar berkembang atau diawali selama saat remaja atau dewasa awalnya. Tetapi, terkadang tanda-tanda bipolar bisa ada pada anak-anak.

Walau tanda-tandanya tiba dan pergi, masalah bipolar umumnya membutuhkan penyembuhan sepanjang umur dan tidak lenyap sendirinya. Masalah bipolar menjadi aspek khusus dalam bunuh diri, kehilangan tugas, dan konflik keluarga, tapi perawatan yang pas ke arah pada hasil lebih baik.

Tanda-tanda masalah bipolar bisa bervariatif. Orang dengan masalah bipolar kemungkinan mempunyai adegan manik, adegan stres, atau adegan kombinasi. Adegan kombinasi mempunyai tanda-tanda manik dan stres.

Adegan situasi hati ini mengakibatkan tanda-tanda yang berjalan 1-2 minggu atau kadang semakin lama. Sepanjang satu adegan, tanda-tandanya berjalan tiap hari nyaris selama seharian. Adegan situasi hati benar-benar intensif dan terjadi bertepatan dengan peralihan sikap, tingkat energi, atau tingkat kegiatan yang kelihatan oleh seseorang.

Tanda-tanda adegan manik

-Merasa benar-benar semangat, senang, dan benar-benar gampang tersinggung atau peka.

-Merasa resah ataupun lebih aktif dari umumnya.

-Pikiran bercabang

-Penurunan keperluan tidur.

-Berbicara cepat mengenai beberapa hal yang lain.

-Nafsu yang terlalu berlebih untuk makan, minum, terkait tubuh, atau kegiatan membahagiakan lain.

-Berpikir bisa lakukan beberapa hal sekalian tanpa berasa capek.

-Merasa seperti hebat penting, berpotensi, atau kuat.

Tanda-tanda adegan stres

-Merasa benar-benar tersuruk atau bersedih dan kuatir.

-Merasa lamban atau resah.

-Kesulitan fokus atau membuat keputusan.

-Kesulitan tidur, bangun terlampau pagi, atau tidur kebanyakan.

-Berbicara benar-benar lamban, berasa seperti tidak mempunyai apapun untuk disebutkan atau kerap lupa.

-Kurangnya ketertarikan dalam hampir semua kegiatan.

-Tidak bisa lakukan beberapa hal simpel sekali juga.

-Merasa patah semangat atau mungkin tidak bernilai dan berpikiran mengenai kematian atau bunuh diri.

Sebagian orang dengan masalah bipolar kemungkinan mempunyai tanda-tanda yang lebih enteng dibanding lainnya dengan masalah itu. Misalkan, adegan hipomanik bisa membuat berasa baik sekali dan produktif, kemungkinan mereka tidak berasa ada yang keliru. Tetapi, keluarga dan rekan memperhatikan peralihan situasi hati dan peralihan tingkat kegiatan sebagai sikap yang lain dari umumnya dan stres berat bisa ikuti adegan hipomanik ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.